Nama Folder dan File pada Windows OS

Mungkin sebagian orang mengetahui panjang maksimum dari sebuah nama file di Windows OS adalah 255 karakter. Tetapi ini salah jika user menganggap sebuah file dapat diberi nama sepanjang 255 karakter tanpa memperhitungkan nama folder dimana file tersebut berada di dalamnya. Secara teknis folder juga merupakan sebuah file, tetapi dengan attribute tertentu di-assign sebagai sebuah folder.

Nama folder dan sub-folder juga dilibatkan pada nama lengkap dari sebuah file. Sehingga sebeneranya nama sebuah file terdiri dari folder dan sub-folder juga. Dan semua nama ini dibatasi sebanyak 255 karakter.

Nama folder, sub-folder dan file ketika digabungkan, ini disebut sebagai path. Kadang path ini mengikutsertakan juga drive letter (c:/, d:/, dan lain-lain), dan didepan ditambah dengan “//” (double backslash), sehingga path panjangnya maksimum 260 karakter.

Sebagai contoh, misal penulis memilih file bernama “New Text Document.txt” dalam sub folder “Documents”, berikut lengkap path-nya.

C:\Users\Mukhsin Jazali\Documents\New Text Document.txt

kemudian berapa karakter dari penamaan file tersebut. nama dari file sendiri adalah 21 karakter. kemudian folder dan sub-folder terdiri dari 34 karakter. Sehingga total karakter sebanyak 55 karakter.

Dan mulai dari Windows 10, version 1607, maksimum path telah dihapuskan dari batasan 260 karakter, sekarang panjang karakter maksimum yaitu 32.767 karakter. Namun tidak terjadi error ketika penamaan sepanjang karakter 32.767, enable-kan registry berikut di set menjadi 1.

Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\FileSystem\LongPathsEnabled

Leave a Reply

Your email address will not be published.