Reboot atau restart otomatis Ubuntu

Umumnya jika kita akan me-reboot Ubuntu, kita menjalankan command sudo shutdown -r atau menekan tombol reboot pada menu. tetapi jika ingin me-reboot Ubuntu system secara otomatis berdasarkan waktu yang diinginkan maka kita perlu menggunakan cron. cron merupakan task scheduler berbasis waktu pada operating system Unix.

Command Reboot

$ sudo /sbin/shutdown -r now

dengan menggunakan string now mengartikan ubuntu akan langsung me-reboot system. Kita juga bisa men-delay agar memiliki waktu untuk save atau menutup aplikasi yang sedang terbuka dengan +m. Note m adalah menit. Contoh sudo /sbin/shutdown -r +5

Cron task scheduler pada Ubuntu

pertama kita buka crontab untuk memproses command reboot /sbin/shutdown -r now.

$ sudo crontab -e

setelah itu kita perlu menentukan waktu pada code dibawah untuk otomatis reboot ubuntu. Tetapi perlu dipahami bahwa angka 15 diawal itu mengartikan Ubuntu akan reboot setiap menit ke-15. Baris diatas code yang dituliskan itu adalah format bagaimana code dituliskan. m yaitu menit (0-59), h yaitu jam (0-23), dom yaitu day of month (1-31), mon yaitu bulan (1-12) dan don yaitu day of the week (0-7, 0 atau 7 adalah minggu). Dan notasi * diartikan setiap nilai atau nilai apa saja.

Setelah edit cron selesai, perlu dilakukan restart dari service cron dengan command sebagai berikut

$ sudo /etc/init.d/cron restart

Leave a Reply

Your email address will not be published.