Multivariable Transmitter (MVT)

Multivariable transmitter merupakan gabungan dari differential pressure transmitter dengan temperature transmitter serta flow computer. Transmitter ini dapat mengukur Static Pressure (SP), Differential Pressure (DP), dan temperature (T). Dengan adanya flow computer sehingga transmitter mampu menghitung mass flow dari pengukuran DP dan T, menggunakan flow equation secara realtime. Flow Equation dapat ditemukan pada AGA atau standard metering lain bergantung pada vendor transmitter. Selain dari parameter pengukuran dibutuhkan juga Parameter Fluida, parameter sensing element (misal size dari orifice, pipa dll. umumnya dalam pengukuran differential pressure menggunakan orifice sebagai sensor flow).

Gambar 1. Multivariable Transmitter

Parameter atau variable yang disediakan oleh Multivariable Transmitter umumnya Static Pressure (SP), Differential Pressure (DP), temperature (T) dan Flow.

Static Pressure adalah tekanan segala arah yang diberikan oleh fluida pada keadaan diam. Dalam aliran fluida (bergerak) static pressure adalah absolute pressure dari aliran fluida yang diukur pada lubang dinding pipa. Absolute pressure dapat diukur secara langsung atau didapatkan dari penambahan pressure atmosfer ke pressure gauge.

Pabsolute =Pgauge + Patm

Gambar 2. Static Pressure and Dynamic Pressure

Differential Pressure adalah perbedaan static pressure antara tap upstream dan downstream.

Temperature adalah suhu dari aliran fluida yang diukur pada upstream atau downstream.

Flow adalah laju aliran dari fluida yang didapat berdasarkan perhitungan realtime flow equation berdasarkan parameter yang diukur (DP dan T), parameter fluida dan parameter kondisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.