LabVIEW dari National Instrument

LabVIEW (Laboratory Virtual Instrument Engineering Workbench) merupakan software automasi untuk kontrol, memproses dan memvisualisasikan dari equipment laboratorium ataupun instrument yang dibuat oleh National Instrument. LabVIEW dapat digabungkan dengan banyak device sehingga LabVIEW sangat powerful sebagai tools engineering pada level pengembangan system untuk testing, pengukuran dan instrumentasi. Dan LabVIEW dapat berjalan pada Windows, Mac OS dan Linux.

LabVIEW software adalah pemrograman berbasis grafis yang menggunakan Icon atau simbol dalam pembuatan sebuah aplikasi. Pemanfaatan dari LabVIEW sama halnya dengan pemrograman berbasis text seperti C++, Java, Python dll perbedaannya hanya terletak pada bahasa yang digunakan yaitu grafis, jika pada pemrograman berbasis text menggunakan instruksi untuk menentukan urutan eksekusi program, LabVIEW menggunakan dataflow programming.

Program LabVIEW dikenal juga sebagai Virtual Instrument (VI), disebut demikian karena pada dasarnya LabVIEW meniru dari Instrument fisik yang divisualisasikan dalam bentuk software. LabVIEW terdiri dari 3 komponen utama dalam membuat sebuah VI yaitu

  • Front Panel

Front panel merupakan sebuah Interface atau antarmuka dari Virtual Instrument (VI), dapat berbentuk sebuah chart, tombol, level dan lain-lain. Yang mana dapat dimasukkan parameter atau nilainya menggunakan mouse ataupun keyboard dan kemudian menampilkan hasilnya dilayar monitor.

Gambar 1. Front Panel
  • Block Diagram

Block Diagram merupakan source code dari Virtual Instrument, yang mana menggunakan dataflow programming. Dimana dimasukkan function, constant, input, control dan output yang dihubungkan oleh wire secara aliran data dari sebuah program yang dibuat.

Gambar 2. System Block Diagram
  • Icon

Icon merupakan simbol-simbol yang mewakili dari Instument, input, output ataupun controls. Icon-icon dihubungkan satu sama lain menggunakan wire untuk membangun sebuah Virtual Instrument. Pada LabVIEW terdapat 2 icon pallete yaitu Controls Pallete untuk icon-icon yang digunakan pada window front panel, sedangan function pallete untuk icon-icon yang digunakan pada window system block diagram.

Gambar 3. Controls Pallete

Gambar 4. Function Pallete

One thought on “LabVIEW dari National Instrument”

Leave a Reply

Your email address will not be published.